Rekomendasi Buku Saat Perjalanan Menjadi Founder Terasa Berat Sekali

Walau banyak dikerjakan dengan metode sprint membangun perusahaan rintisan tak beda dengan sebuah pertandingan maraton.

Pilihannya GASPOL lalu terengah-engah. Atau menghemat tenaga, berlari dengan cerdas sampai garis finish. Kuncinya sederhana — manajemen energi.

Setiap diundang berbagi cerita tentang perjalanan membangun Hipwee, selalu ada pertanyaan yang berulang muncul. Benang merahnya sama.

Banyak blog yang dibuat. Domain yang dibeli. Banyak yang punya kemampuan menulis, SEO dan digital marketing yang lebih trengginas. Tapi apa yang menyebabkan Hipwee berhasil?

Was it luck? Was it hard work? Was it a business strategy?

Sewaktu menulis konten ini, otak saya pun masih berputar untuk mencari jawaban paling tepatnya. Sepanjang yang saya ingat masa itu adalah masa mengeluarkan energi yang besaaaar sekali.

When I look back, It was the hardest yet the most fulfilling period of my life.

Sebenarnya ada banyak cerita yang mau saya bagikan tentang membangun startup dari nol sampai di titik sekarang. Belum besar, belum unicorn. Masih bayi. Tapi karena banyak belumnya dia bisa berkembang besar, itu yang saya yakini.

Sebagai permulaan, disini saya ingin berbagai rekomendasi buku yang bisa dibaca oleh mereka yang juga sedang berjuang membangun startup atau yang sedang berencana untuk mengembangkan bisnis, khususnya di bidang konten.

1. A Million Dollar Blog

Siapa sih sekarang yang nggak kenal dengan blog? Sudah jadi seperti semacam platform bebas buat semua orang menjadi apapun yang mereka mau, bercerita tentang apapun yang mereka suka bahkan bisa menjadi batu loncatan pertama orang untuk memulai menggapai impiannya. Tapi tetap saja persaingannya juga nggak main-main. Ketika semua orang juga memanfaatkan blog untuk memulai segala hal yang baru.

Pertanyaannya, bagaimana bisa menjadi jauh lebih baik dari yang lain?

Coba deh baca buku ini, maka kamu akan dibukakan matanya bahwa semua berawal dari konten. Dari cerita yang kamu bagikan. Buat yang berencana untuk mulai dari blog, buku ini bisa dijadiikan pegangan pertama.

2. My Blogging Secrets

Masih dari urusan blog, buku ini juga banyak membantu mereka yang ingin jadi blogger dan menjadikannya karir profesional. Buku ini berisi pengalaman pribadi penulisnya setelah meninggalkan karir mapan di perusahaan besar untuk jadi blogger.

Setelah perjalanan panjang kira-kira 10 tahun, akhirnya Amber McNaught, berhasil menjadikan blog sebagai bisnis purna waktunya. Buku ini akan banyak mengajarkanmu tentang menangkap ide untuk mulai blogging, cara mengajak orang untuk mulai membaca isi blog kita dan bagaimana menghasilkan uang dari blog.

3. How to Be an Overnight Success

Judulnya mungkin terkesan muluk-muluk karena sebenarnya Maria Hatzistefani tidak membangun kesuksesannya dalam semalam.

Perusahaan skincare yang dia banggakan justru dimulai sejak 18 tahun lalu dari kamarnya. Dari sinilah benar-benar kita akan belajar bahwa sukses dibangun dari kerja keras siang malam, usaha tak kenal lelah dan kesabaran yang luar biasa setiap harinya.

Hal yang dirasakan Maria ini pun saya rasakan setelah terjun ke dunia startup. Jadi buatmu yang sedang dalam masa berdarah-darah, buku ini bisa memberimu motivasi tentang membangun bisnis.

Membangun perusahaan rintisan itu seperti jalan selibat yang sepi. Saat tak ada teman yang bisa diajak bicara, ketika pemikiran aneh kita untuk mengembangkan produk tak menemukan partner satu frekuensi — paling tidak buku bisa membuatmu tidak merasa sendirian.

Kamu, kita, adalah manusia dengan visi. Dengan ide besar. Dengan itu saja kita sudah satu langkah lebih dekat dengan menang.

Yaaaa walaupun berdarah-darah juga pasti 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s